Pele, O Rei Brasil Yang Tak Tergantikan

Pele, O Rei Brasil Yang Tak Tergantikan

Sebagai salah satu negara penghasil pemain bola dunia hebat, Brasil juga punya seorang legenda sepakbola yang hinga saat ini masih sangat dielu-elukan. Adalah Edson Arantes do Nascimento atau dikenal dengan nama lapangan Pele, yang punya segudang prestasi sepakbola dan masih jadi pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepakbola dan diberi gelar O Rei atau Sang Raja.

Loyalitas Pada Klub Dan Negara Yang Sangat Dikagumi

Pele yang juga dijuluki the black pearl ini memulai karirnya diusia 12 tahun saat bergabung dalam klub Bauru AC. Penampilan perdananya di klub senior adalah bersama Santos pada tahun 1956 dan langsung melakukan debut dengan gol perdananya saat pasaran judi bola Santos bertemu Corinthians bulan September 1956.

Setelah itu Pele mulai dikenal dan menjadi pencetak gol demi gol Santos yang di era 1956 hingga 1974 menjadi salah satu klub terbaik Brasil. Tercatat selama 18 tahun Pele setia bersama Santos, hingga akhirnya pindah ke Newyork Cosmos pada tahun 1975. Selama karirnya merumput di dua klub tersebut Pele sudah menghasilkan 1.281 gol dari 1.207 pertandingan.

Pele, O Rei Brasil Yang Tak Tergantikan

Yang patut diacungi jempol adalah saat membela Newyork Cosmos diusianya yang sudah 34 tahun, Pele tetap memiliki kualitas permainan yang sangat maksimal. Bersama beberapa rekannya seperti Cruyff dan Beckenbauer dia mampu menciptakan sejumlah hasil liveskor pertandingan membawa klub asal Amerka Serikat itu memuncaki kompetisi. 95 gol berhasil diciptakannya dari 92 penampilan.

Sementara itu Pele juga membantu Timnas Brasil memenangkan tiga piala dunia yaitu tahun 1958, 1962 dan 1970. Dia juga mencetak 95 gol dari 92 pertandingan bersama Brasil dan merupakan salah satu pencetak gol terbanyak Timnas saat itu. Kecepatan dan keauratan serangan Pele membuat hasil liveskor Brasil selalu diperhitungkan dan jadi salah satu negara terkuat dunia di masa tersebut.

Masih Disegani Hingga Saat Ini

Walau sudah pensiun dan kini berusia 79 tahun ketenaran Pele belum juga terhapus dari ingatan. Apalagi kalau menyangkut kemampuannya mencetak gol dan bermain ciamik di lapangan hijau selama masih aktif bermain di sejumlah jadwal bola klub Santos maupun Timnas Brasil. Dia banyak diundang menjadi motivator sepakbola dunia karena dinilai belum memiliki pengganti.

Pele juga menjadi duta di berbagai organisasi dunia seperti UNICEF dan PBB karena dianggap memiliki kualitas orang terpilih yang mampu menyuarakan hal-hal positif bagi masyarakat. Hal itu dikaitkan dengan sejarah panjang pria asal Tres Coracoes selama menjadi pemain sepakbola yang boleh dibilang bersih dari hal-hal negatif.

Hingga saat ini pula banyak pemain hebat dunia yang menjadikan Pele sebagai sumber inspirasi dalam bermain. Sebut saja nama sekelas Lionel Messi, Christiano Ronaldo hingga sejumlah pemain muda yang sering ketahuan menggunakan teknik Pele saat berlaga di lapangan, dan terbukti berhasil menciptakan hasil ciamik dalam liveskor pertandingan bola yang mereka ikuti. Apakah kamu juga penggemar Pele?